PENCARIAN
Kategori
WEBSITE TERKAIT
DOWNLOAD
Edaran
Aplikasi
e-library
Presentasi
Undangan
VIDEO KEGIATAN

Video Kegiatan PP & PL
FORUM

Jl. Percetakan Negara No. 29, Kotak Pos 223, Jakarta 10560 - Indonesia


Phone : 62214247608
Fax : 62214247807

BERITA - FOCUS TODAY

Pertemuan Evaluasi Kegiatan Teknis UKLW Bagi KKP Seluruh Indonesia
2013-07-28 14:09:41

Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Subdit Karantina Kesehatan Direktorat Surveilans, Imunisasi, Karantina dan Kesehatan Matra (Simkarkesma) pada 24 hingga 27 Juli 2013, menyelenggarakan pertemuan Evaluasi Kegiatan Teknis Upaya Kesehatan Lintas Wilayah (UKLW) bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen PP dan PL Kemenkes RI yaitu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Swissbell Hotel Jakarta.

 

Pertemuan yang mengambil tema “Dengan semangat reformasi birokrasi kita tingkatkan kinerja dan prestasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi KKP sesuai prosedur secara tepat dan professional di pintu masuk negara” ini dibuka secara resmi oleh Dirjen  PP dan PL, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE dan di ikuti oleh peserta yang berasal dari 49 KKP se-Indonesia yang terdiri dari Kepala Bidang untuk KKP kelas I, Kepala Seksi untuk KKP Kelas II, dan penanggung jawab program UKLW untuk KKP Kelas III dan IV.

 

Ketua panitia dalam hal ini Kasubdit Karantina Kesehatan, dr. H. Zamhir Setiawan, M. Epid menyampaikan dalam laporannya bahwa tema yang diambil dalam pertemuan tersebut ini sejalan dengan semangat kementerian kesehatan yang sedang genjar-genjarnya melaksanakan reformasi birokrasi, dimana tujuan dari reformasi birokrasi itu sendiri adalah membangun perilaku dan budaya aparatur negara yang bertanggung jawab, produktif dan mampu memberikan pelayanan yang prima kepada publik/masyarakat, serta membangun birokrat yang bersih, efektif, efisien transparan, dan dapat dipertanggung jawabkan dalam melayani dan memberdayakan masyarakat.

 

“Jadi melalui semangat reformasi birokrasi ini kita tidak semata-mata  mengevaluasi dan melaksanakan program, namun juga bagiamana kita meningkatkan kinerja dan kualitas layanan kita”, ujar dr. Zamhir

 

Lebih lanjut, dr. Zamhir juga mengatakan pertemuan evaluasi rencana kegiatan UKLW KKP ini secara umum bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program UKLW itu sendiri dan secara khusus pertemuan ini diharapkan dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang ditemui dalam pelaksanaan program di lapangan serta bagaimana rencana tindak lanjut dalam mengatasi ataupun memecahkan permasalahan tersebut.

 

Dikesempatan yang sama saat membuka pertemuan, pada Rabu malam, 24 Juli 2013, Dirjen PP dan PL, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama turut menyampaikan arahannya berkaitan dengan 5 hal penting yaitu antara lain Pertama, mengenai keinginan beliau untuk meminta semua petugas di KKP dapat menguasai International Health Regulations (IHR) sebaik-baiknya dan pengetahuan tentang program PP dan PL pada umumnya seperti AIDS, TB, Imunisasi, Malaria, dan lain sebagianya.

 

Kedua, Prof. Tjandra juga meminta agar para petugas KKP dapat Menguasai aturan-aturan yang ada sepenuhnya. Dimana aturan-aturan tersebut yaitu antara lain Aturan yang sehubungan dengan reformasi birokrasi, dimana para petugas KKP harus menguasai bagaimana aturan-aturan mengenai keuangan dan aturan-aturan manajemen yang baik.; Aturan tata kelola pemerintahan yang baik,  dengan cara mempelajari aturan yang ada dan bertanya dengan hati nurani; dan Aturan kriteria penangan pelayan kesehatan, dimana Prof. Tjandra meminta agar bagaimana menggabungkan klinik yang berada di KKP kedalam SJSN yang akan berjalan pada 1 Januari 2014.

 

Ketiga, tentang kerjasama, baik kerjasama di dalam kantor KKP masing-masing dan kerjasama dengan lintas sektor yang lainnya di bandara atau pelabuhan. Dimana Prof. Tjandra miminta agar para petugas KKP dapat bekerjasama dengan baik, karena kerjasama yang baik dapat menentukan keberhasilan organisasi dan hasil kerja yang baik pula.

 

Untuk yang Keempat,  tentang pekerjaan sehari-hari. Dimana Prof. Tjandra berharap agar setiap pekerjaan yang sudah dilakukan dapat terus ditingkatkan, meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap masalah yang akan terjadi, dan membuat inovasi-inovasi baru atau mencari trobosan-trobosan yang baru yang bisa dilakukan agar pekerjaan kita semakin baik.

 

Sedangkan yang Kelima, Prof. Tjandra juga berharap agar para petugas KKP dapat membangun kebanggan atas pekerjaan atau profesinya masing-masing berdasarkan pada tanggung jawab terhadap kesehatan bangsa. Dimana bukan hanya bertanggung jawab terhadap diri sendiri tetapi bertanggung jawab juga kepada seluruh masyarakat.

 

Dalam peretemuan ini disajikan juga berbagai pemaparan materi oleh para narasumber yang berasal dari Lingkungan PP dan PL yaitu Dirjen PP dan PL, Sesditjen PP dan PL, Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, Direktur Simkarkesma, Direktorat  Bina Upaya kesehatan Dasar, Direktorat Bina obat publik dan Perbekalan Kesehatan, Direktorat Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga serta beberapa kasubdit di lngkungan Simkarkesma yang terkait dengan upaya kesehatan lintas wilayah yaitu subdit imunisasi dan subdit Kesehatan matra,  dari Direktorat PPML yaitu Subdit TB dan HIV/AIDS terkait dengan pelaksanaan program ataupun pelayanan yang dilaksanakan di KKP. disamping itu ada narasumber dari Sekretariat Komnas Implementasi IHR 2005, dan beberapa KKP terpilih yang akan menyampaikan paparannya.

 

Selain itu, dalam pertemuan ini juga dilakukan diskusi kelompok yang hasil diskusinya akan dipaparkan oleh setiap kelompok dan rekomendasi dari hasil pertemuan yang dibahas pada penutupan pertemuan Evaluasi Kegiatan Teknis UKLW bagi KKP. Pertemuan ini resmi ditutup oleh Kasubdit Karantina Kesehatan dr. H. Zamhir Setiawan, M. Epid, pada, Jumat malam, 26 Juli 2013.