PENCARIAN
Kategori
WEBSITE TERKAIT
DOWNLOAD
Edaran
Aplikasi
e-library
Presentasi
Undangan
VIDEO KEGIATAN

21
FORUM

Jl. Percetakan Negara No. 29, Kotak Pos 223, Jakarta 10560 - Indonesia


Phone : 62214247608
Fax : 62214247807

BERITA - FOCUS TODAY

Akses Pelayanan yang Lebih Baik untuk Anak dan Remaja dengan Kanker di Mana Saja
2017-03-03 16:37:00

Dalam rangka peringatan Hari Kanker Anak Sedunia Tahun 2017, Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Pemda Provinsi Banten dan Pemda Kabupaten Tangerang menyelenggarakan kegiatan Aksi Deteksi Dini Kanker pada Anak melalui Gerakan Masyarakat Sehat Peduli Kanker, pada Rabu, (22/2) di Taman Sari Lippo Karawaci, Tangerang. Tema Hari Kanker Anak tahun ini adalah Akses Pelayanan yang Lebih Baik untuk Anak dan Remaja dengan Kanker di mana saja.

 

Sejumlah acara digelar, diantaranya aksi deteksi dini kanker pada 200 anak berupa pemeriksaan lihat merah pada mata untuk deteksi dini kanker bola mata (retinoblastoma); talk show bersama ahli kanker anak dari RS Kanker Darmais, survivor kanker dan dr. Slamet mewakili Menteri Kesehatan; serta pameran yang diikuti berbagai yayasan peduli kanker, Kementerian Kesehatan, dan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang. Acara peringatan Hari Kanker Anak kali ini dihadiri oleh 500 orang dari lintas program dan lintas sektor terkait dari Pusat dan daerah, serta berbagai elemen masyarakat, seperti ibu-ibu PKK, para guru, petugas kesehatan, dan anak-anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Tangerang beserta jajaran Pemda provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang

 

Dalam laporanya, dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM selaku Ketua Panitia mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan sesorang berisiko terkena kanker diantaranya : diet yang tidak seimbang dan rendah lemak, kurang aktifitas fisik, merokok dan paparan asap rokok, paparan lingkungan berbahaya, konsumsi alkohol, perilaku seksual yang beresiko, paparan sinar ultra violet dan yang terakhir heriditas/keturunan. Di Puncak acara akan di lakukan pula pemeriksaan mata sebanyak 400 anak usia dini di kabupaten tangerang bertujuan untuk melihat lebih dini kanker pada anak.

 

Lanjut lily, untuk menghindari seseorang terkena penyakit kanker dapat menerapkan pola hidup sehat diantaranya dengan olah raga yang cukup, hindari alkohol atau tembakau, makan makanan yang tinggi serat (perbanyak sayur dan buah). Dengan menerapkan pola hidup sehat dapat mencegah terjangkit penyakit kanker hingga 43 %, kita berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannya masing-masing dalam rangka mengurangi beban akibat kanker.

 

"Seminar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian masyarakat luas mengenai bahaya kanker, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan kanker, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengobatan kanker yang telah terbukti secara ilmiah serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang upaya rehabilitasi pada pasien kanker, " ujar Lily dalam laporannya.

 

Pemerintah saat ini memberi perhatian khusus pada kanker pada anak, selain kanker leher rahim dan kanker payudara. Jenis kanker yang banyak dijumpai pada anak adalah leukemia atau kanker darah, retinoblastoma atau kanker bola mata, dan osteosarkoma atau kanker tulang.

 

“Oleh karena itu, kesehatan anak perlu mendapat perhatian khusus orang tua dan keluarga agar gejala kanker pada anak dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin,” kata Menkes dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi, dr. Slamet, MHP.

 

Pada kesempatan tersebut Menkes meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia berperan aktif dalam penanggulang kanker. “Melalui deteksi dini serta pengobatan segera akan berpeluang pada meningkatnya angka kesembuhan dan angka harapan hidup”, ujarnya.

 

Menkes meminta masyarakat untuk memberikan informasi yang benar (bukan hoax) tentang kanker. “Kita perlu menginformasikan secara intensif dan terus menerus agar masyarakat mendapatkan informasi tentang kanker dari petugas kesehatan, bukan kepada pihak lain yang tidak berkompeten”, kata Menkes.

 

Menkes juga menekankan pentingnya semangat gotong royong dan kerjasama dalam mewujudkan keberhasilan upaya penanggulangan kanker di Indonesia.

 


Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia dikarenakan biaya pengobatan yang tinggi dan sering berakibat kematian. Untuk itu Menkes mengimbau agar masyarakat terus menerus membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan (1) makan makanan sehat, menu seimbang, bergizi, cukup buah dan sayur, (2) melakukan aktivitas fisik secara teratur, terukur, tepat dan benar, serta (3) melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, sebagai bentuk pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas.

 

Pemerintah senantiasa berupaya meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan melalui Pendekatan Keluarga, yaitu kunjungan rumah secara periodik oleh petugas Puskesmas untuk : (1) deteksi dini masalah kesehatan, (2) pengobatan segera penyakit, (3) upaya promotif-preventif, dan (4) penanggulangan faktor risiko kesehatan dalam keluarga. Selain itu, Puskesmas juga terus mengembangkan pemeriksaan deteksi dini kanker.

 

Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang saat ini juga terus melakukan pembenahan-pembenahan dan meningkatkan kualitas pembangunan khususnya di sektor kesehatan yang menyentuh langsung pada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. hal tersebut terlihat dari semakin membaiknya infrastruktur pembangunan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan masyarakat dalam segala bidang. Geliat pembangunan yang sudah dilaksanakan tersebut akan terus kita tingkatkan secara berkesinambungan seperti yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tangerang tahun 2013-2018 telah mencanangkan program unggulan dan program prioritas sebagai upaya dalam mencapai tujuan dan target pembangunan Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan salah satu target utama program prioritas pembangunan yaitu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 

"Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman lebih kepada kita semua terhadap pentingnya pola perilaku hidup sehat bagi kita semua khususnya dalam mencegah serta mengatasi penyakit Kanker ini. Sehingga harapan kita semua untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. dapat tercapai sesuai dengan harapan kita semua,” ujar Hermasyah.